Tugu Payan Mas, Spot Terbaik Untuk Bersantai Bersama Keluarga Di Kotabumi

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Tugu Payan Mas, spot terbaik untuk bersantai berbareng family di Kotabumi, meliputi banyak deretan kuliner nan menggugah selera

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Jend. Sudirman No.139, Kota Gapura, Kec. Kotabumi, Kab. Lampung Utara, Lampung; Map: Cek Lokasi

Momen berpiknik biasanya mau mendapatkan suasana terbaru di wisata nan belum pernah di kunjungi. Salah satunya berekreasi di Tugu Payan Mas ialah sebuah wisata nan menjadi lambang alias ikon unik Kotabumi, di Kabupaten Lampung Utara. Payan Mas dalam bahasa Lampung artinya Tombak Emas.

Keberadaan tugu ini terletak di tengah-tengah perempatan kota sehingga menyita perhatian wisatawan. Khususnya bagi setiap pengendara nan melewatinya.

Bangunannya nan megah serta unik menyimpan filosofi tersendiri. Wisatawan nan berjamu bisa menikmati keindahannya untuk turut serta berpotret alias bersantai di area bulatan tugu.

Banyak visitor nan berjamu untuk sekedar berpotret ataupun nongkrong. Selain pemandangannya nan unik, juga terdapat deretan kuliner dengan nilai terjangkau. Biasanya di waktu sore hari alias malam minggu banyak visitor nan berdatangan khususnya para muda mudi untuk menikmati gemerlap lampu di tugu ini.

Daya Tarik nan Dimiliki Tugu Payan Mas

Daya Tarik Dimiliki Tugu Payan MasPhoto by Erwin Ramadhan on Google Maps

Gemerlap Lampu di Tugu

Tugu Payan Mas bakal semakin bagus dipandang ketika malam hari. Wisatawan bisa menikmati gemerlapnya sorotan lampu dari tugu ini.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Dibangunnya ikon unik Kotabumi ini mempunyai filosofi tersendiri. Pada sisi tombak, bisa Anda lihat ada 9 perisai sebagai lambang marga masyarakat di Kabupaten Lampung Utara. Diantaranya ada marga Buay Nuban, Buay Nyunyai, Buay Beliuk, Buay Unyi, Buay Selagai, Buay Subing, Buay Anek Tuho, Buay Nyerup, dan Buay Kunang.

Menambah Indah Pemandangan Kota

Keberadaan Tugu Payan Mas ini selain memikat setiap pengendara nan lewat di perempatan Jalan Sudirman juga menambah keelokan pemandangan kota.

Meskipun sudah banyak ditanami jenis tumbuhan di sekitar jalan tetapi pesonanya bakal terasa lebih bagus dengan adanya tugu nan menjulang tinggi ini. Kesan sebagai kota nan mempunyai cuaca panas juga menjadi terlupakan lantaran keelokan wisata nan menjadi kebanggaan masyarakat Lampung Utara ini.

Spot Foto Unik

Tugu Payan Mas memang menjadi spot favorit untuk wisatawan. Rasanya tetap ada nan kurang jika berekreasi ke Lampung Utara tetapi tidak mengunjungi tugu nan didesain dengan gedung unik ini.

Oleh lantaran itu, tak heran jika banyak visitor nan menjadikan ikon ini untuk berpotret dan diunggah di beranda sosial medianya. Meskipun begitu, spot di sekitaran tugu juga tak kalah menariknya. Seperti papan nan bertuliskan KOTABUMI BETTAH nan sering diburu visitor untuk berfoto.

Banyak Ditemukan Deretan Kuliner

Selain pemandangan kota nan indah, visitor juga bisa berburu kuliner nan dijajakan oleh pedagang kaki lima sepanjang Jalan Sudirman. Banyak pedagang nan juga menyediakan dasar alias bangku untuk duduk sembari menikmati kulinernya.

Nah, bagi Anda nan merasa lapar alias haus tak perlu cemas lagi ya? Banyak ditemukan jajanan dengan rasa lezat nan unik serta nilai nan terjangkau. Anda bisa membelinya sesuai selera.

Sebagai Tempat Santai

Wisatawan nan berjamu ke Tugu Payan Mas ini biasanya bakal terlihat ramai di hari weekend alias libur. Rata-rata dari mereka mau menikmati suasana kota sembari menikmati kuliner.

Setelah capek beraktivitas seharian, penduduk setempat ramai berjamu ke wisata ini. Keindahan gedung tugu serta lampau lalang kendaraan sedikit bisa mengobati rasa capek dan penat.

Tidak hanya remaja, apalagi semua kalangan bisa Anda temukan berada di letak ini. Termasuk anak-anak hingga orang tua. Rasanya berpotret sembari menikmati udara pusat kota cukup membikin pikiran kembali fresh. Meskipun bukan pemandangan nan menghijau, tetapi suasana di sekitar Tugu Payan sangat mempesona.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Tugu Payan MasPhoto by Sobbiyansyah Z on Google Maps

Tugu Payan Mas Kotabumi terletak di perempatan jalan Sudirman, Lampung Utara Provinsi Lampung. Dari Kota Bandar Lampung dapat ditempuh kurang lebih 2 jam perjalanan.

Adapun rute untuk menuju letak tugu sangat mudah ditemukan. Jika Anda berangkat dari luar kota langsung saja ambil arah menuju Lampung Utara hingga menemukan ucapan Selamat Datang. Selanjutnya, jalan terus menuju ke arah Kotabumi. Melalui Desa candimus.

Setelah menemukan gapura nan bertuliskan Selamat Datang di Kotabumi tetap ambil arah lurus hingga menemukan letak tugu berada, tepatnya di protokol Jalan Sudirman. Anda juga bisa menggunakan aplikasi google maps nan bakal mengarahkan ke tujuan lokasi.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Wisatawan lokal biasanya menjadikan wisata Tugu Payan Mas Kotabumi ini sebagai tempat untuk menghabiskan akhir pekan. Untuk bisa menikmati keindahannya, tidak diperlukan biaya mahal lantaran letak wisata ini tidak mempunyai tiket masuk.

Wisatawan bebas berjamu secara gratis. Biasanya di malam Minggu banyak para muda-mudi nan bersantai sembari menikmati pemandangan kota. Namun, jika Anda mau menikmati suasana di hari-hari biasa juga bisa.

Tidak ada jam operasional unik untuk wisata ini. Akan tetapi, agar pemandangan lebih menarik disarankan untuk datang di sore hari ataupun malam. Sehingga bisa menikmati gemerlapnya sorotan lampu dari Tugu Payan Mas dan jalan sekitarnya.

Aktivitas nan Menarik Dilakukan

Aktivitas di Tugu Payan MasPhoto by Yandigsa on Google Maps

1. Santai Menikmati Pemandangan Kota

Wisata nan menarik ini sering dijadikan sebagai tempat melepas rasa capek setelah seharian menghadapi rutinitas nan cukup menguras tenaga dan juga pikiran. Biasanya setelah jam pulang kerja ialah sore hari, situasi di Tugu Payan Mas ini bakal semakin ramai dikunjungi wisatawan.

Mereka mau melepas lelah, bersantai ambil menikmati kuliner jajanan nan memanjakan lidah. Pengunjung nan datang kebanyakan dari visitor wilayah khususnya para remaja.

2. Kegiatan Bersepeda

Aktivitas berbeda untuk menikmati pesona keelokan tugu ialah dengan melakukan bersepeda. Untuk mendapatkan suasana nan nyaman sebaiknya bersepeda di pagi hari terutama saat hari libur.

Anda bisa membujuk kawan alias family untuk berkeliling di komplek sekitar tugu. Selain dapat menikmati keindahannya, Anda juga bisa menambah kebugaran tubuh lantaran sudah berolahraga bersepeda.

3. Berburu Foto di Tugu Payan Mas

Mayoritas visitor nan datang di Tugu Payan Mas tak lain mau mendapatkan foto dengan landscape ikon unik Kotabumi ini.

Meskipun kudu antre panjang, visitor rela menunggu demi mendapatkan hasil foto nan keren di spot favorit masyarakat Kotabumi. Oleh lantaran itu, jangan lupa untuk menyiapkan kamera terbaik sebelum berjamu ke wisata unik ini.

4. Menikmati Aneka Jajanan Kuliner

Di sepanjang jalanan terdapat pedagang kaki lima nan menjajakan jenis jajanannya. Harga setiap kuliner cukup terjangkau. Namun, untuk rasa tidak perlu ditanyakan lagi. Bahkan ada beberapa visitor nan merasa ketagihan dengan kuliner di sekitar letak wisata ini.

Sehingga tujuan mereka untuk datang ke Tugu Payan Mas bukan untuk berpotret melainkan menemukan kuliner nan diidolakannya. Hal ini menjadi bukti keseruan mengunjungi ikon unik Kotabumi nan elok ini.

5. Nongkrong Bersama Keluarga

Aktivitas nongkrong tidak selalu identik dengan aktivitas negatif. Anda bisa melakukan perihal ini berbareng keluarga. Seperti duduk di taman nan lokasinya berdekatan dengan wisata tugu sembari berbual dengan keluarga. Hal ini tentunya bakal semakin menambah rasa keselarasan antar personil keluarga.

Terutama lebih dekat dengan sang buah hati. Setelah beberapa hari disibukkan dengan pekerjaan, inilah saatnya untuk menebus kebersamaan nan mengesankan. Anda bisa duduk santuy bersama, menikmati kuliner, menyaksikan pemandangan kota, serta aktivitas seru lainnya. Sungguh menjadi momen nan tak terlupakan.

6. Berkunjung ke Taman Kota

Wisata Tugu Payan Mas tak jauh dari taman kota. Anda bisa mencoba untuk mengunjunginya. Di taman ini terdapat kursi-kursi serta hamparan rumput nan hijau nan bisa Anda jadikan tempat untuk bersantai.

Selain santuy untuk menikmati suasana taman, Anda juga bisa sembari menyantap kuliner nan sudah dibeli di pinggir jalan dekat Tugu. Namun, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan taman ya.

Tidak disarankan untuk membuang sampah sembarangan. Apabila tidak menemukan tong sampah, sebaiknya Anda mengantongi terlebih dahulu.

Fasilitas nan Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Tugu PayanPhoto by Lampung Helau on Facebook

1. Tempat Parkir

Wisatawan nan berjamu ke Tugu Payan Mas tidak bisa memarkirkan kendaraan di letak ini. Karena posisi tugu nan menawan ini berada di tengah jalan. Jika Anda mau menikmati keindahannya untuk berpotret maka sebaiknya mencari tempat parkir terdekat. Sehingga tidak mengganggu pengguna jalan lainnya.

2. Toilet

Sama halnya dengan akomodasi lainnya. Keberadaan tugu ini berada di tengah-tengah jalan. Tidak memungkinkan untuk menemukan toilet di lokasi. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Di sekitar tugu banyak di temukan rumah makan ataupun taman. Jika Anda mau menggunakan toilet maka bisa menemukannya di letak tersebut.

3. Rumah Makan

Bagi Anda nan merasa lapar ketika berjamu ke Tugu Payan maka bisa langsung mendatangi rumah makan nan berada di sekitar Jalan Sudirman. Anda juga bisa membeli kuliner jajanan pedagang kaki lima nan berada di pinggir-pinggir jalan.

Itulah info singkat tentang Tugu Payan Mas Kotabumi. Jika Anda mau mengisi waktu senggang bisa langsung datang ke wisata nan elok ini. Jangan lupa untuk mengabadikan tingginya tugu nan mempunyai filosofi menarik untuk menambah koleksi foto liburan Anda.

Selengkapnya
Sumber Itrip
Itrip