Pulau Pari, Pulau Di Kepulauan Seribu Yang Menjadi Habitat Berbagai Biota Laut Eksotis

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Pulau Pari di Kepulauan Seribu merupakan pulau elok nan menjadi kediaman beragam biota laut eksotis, menawarkan keelokan alam dan petualangan bawah laut nan memukau.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kec. Kepulauan Seribu Sel., Kab. Administrasi Kepulauan Seribu, DKI Jakarta; Map: Cek Lokasi

Pulau Pari merupakan salah satu pulau mini nan berada di Kepulauan Seribu, tidak jauh dari pulau lainnya. Tempat ini begitu cantik, menawarkan beragam daya tarik sehingga banyak dikunjungi wisatawan.

Apalagi saat ini era teknologi digital semakin maju, membikin video dan fotonya tersebar di beragam media online. Termasuk pulau nan berpenduduk, meski jumlahnya tidak terlalu banyak seperti gugusan pulau nan ada di sekitarnya.

Sebagian besar mata pencahariannya sebagai nelayan, beberapa juga menjadi petani rumput laut. Namun seiring dengan berjalannya waktu, dimana sekarang menjadi lokasi wisata hits, banyak juga nan beranjak profesi.

Pemandangan alam nan disajikan sangat indah, terutama pantai nan tetap terlihat sangat alami. Selama di sini, ada beragam aktivitas seru nan dapat dilakukan. Air lautnya sangat jernih, cocok untuk snorkeling alias diving.

Adanya rimba mangrove menjadikan suasana terkesan asri, jauh berbeda dengan pantai pada umumnya nan terkesan kering.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Daya Tarik nan Dimiliki Pulau Pari

Daya Tarik Pulau PariPhoto by Jolim Jhonson (Paradiso) on Google Maps

Daya tarik pulau eksotis ini terletak pada pesona alamnya nan tetap terkesan asri dan alami. Bagaimana tidak, hanya sedikit masyarakat nan mendiami pulau ini sehingga tidak banyak kombinasi tangan manusia. Selengkapnya, berikut adalah beberapa perihal menarik nan dapat Anda temukan!

1. Pesona Pantai Menakjubkan

Tidak dapat di pungkiri bahwa objek nan paling utama di sini adalah pantainya. Pulau ini memang tidak begitu besar, namun tujuan utama visitor ialah menikmati pemandangan pantai nan menakjubkan.

asir putih membentang luas, bersih dan teksturnya sangat lembut. Anak-anak biasa menggunakannya sebagai media bermain. Daya tarik wisata Pulau Pari ini semakin komplit lantaran hiasan laut biru nan jernih.

Beberapa bagian terpisah, artinya ada sebuah gundukan pasir nan tidak jauh dari letak utama. Untuk menjangkaunya pun tidak perlu menggunakan perahu lantaran bisa melangkah kaki. Ombak nan datang relatif tenang, cocok dijadikan aktivitas berenang alias bermain air.

2. Spot Ideal untuk Snorkeling

Karena air di pantai ini bening kebiruan, jadi banyak nan menggunakannya untuk snorkeling. Bahkan bisa dikatakan selain menikmati keelokan pantai, visitor tertarik dengan aktivitas menyelam ini.

Apalagi banyak biota laut nan dapat disaksikan, mulai dari terumbu karang, ikan kecil, bintang laut, ubur-ubur, dan beberapa lainnya. Pantai di Pulau Pari Kepulauan Seribu tidak terlalu dalam, bagian dasarnya pun jelas terlihat.

Menyelam dijamin lebih seru lantaran kebanyakan hewan di sini ramah. Ikan mini dengan warna cerahnya berenang lincah seolah menyambut kehadiran anda. Jika Anda tertarik, tidak perlu membawa peralatan sendiri lantaran dapat disewa di sini.

3. Pemandangan Sunrise dan Sunset

Pada umumnya, pantai hanya mempunyai satu pemandangan saja dari kejadian harian. Fenomena nan dimaksud ialah sunrise alias sunset, jarang ada nan menawarkan keduanya.

Ini dikarenakan posisi pantai biasanya membujur ke Utara dan Selatan, jadi hanya dapat menyaksikan salah satunya saja sesuai dengan arah pandangan. Namun ini tidak bertindak bagi Pulau Pari, lantaran pantainya memanjang ke Timur dan Barat.

Pesona mentari terbit jelas terlihat, menghangatkan suasana nan awalnya terasa dingin. Menjelang petang, Anda dapat menyaksikan keelokan mentari tenggelam dengan sinar jingga khasnya, merambah perlahan hingga berganti kegelapan.

4. Hutan Mangrove nan Asri

Pulau Pari di Kepulauan Seribu ini tidak hanya dikunjungi visitor lokal, namun juga turis asing nan melengkapi perjalanan liburan mereka. Selain daya tarik nan disebutkan tadi, adanya rimba mangrove semakin menyempurnakan.

Tidak hanya menjadikan suasana lebih asri, namun juga dijadikan wahana berpetualang dengan menjelajahi kawasannya.

5. Tersedia Wahana Permainan

Daya tarik Pulau Pari selanjutnya ialah tersedia wahana permainan, baik untuk dewasa dan anak. Untuk usia dewasa, Anda dapat mencoba banana boat nan terkenal seru dan menantang.

Sedangkan untuk anak, mereka dapat bermain di tepi pantai. Jenis permainan nan disediakan tidak terlalu banyak, salah satunya adalah ayunan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pulau PariPhoto by Ine Roslenie on Google Maps

Karena wisata bahari ini berupa pulau, jadi satu-satunya akses ialah menggunakan transportasi laut. Anda bisa menggunakan perahu alias kapal nan tersedia di beberapa pelabuhan terdekat.

Jika Anda berangkat dari Pelabuhan Muara Angke, jarak nan dibutuhkan untuk menempuhnya sekitar 30 kilometer dan hanya bisa dengan perahu.

Secara administratif, area wisata Pulau Pari berada di Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta. Lokasinya tidak jauh dari Pulau Tidung nan juga termasuk lokasi wisata hits.

Selain Pelabuhan Muara Angke, Anda dapat menggunakan Dermaga Kapal Marina Ancol untuk mengaksesnya. Cukup sigap lantaran banyak pilihan transportasi. Dari pelabuhan ini, Anda bisa menggunakan speed boat nan dipastikan jauh lebih cepat.

Dibandingkan opsi nan pertama, lebih baik Anda memilih opsi kedua jika memang budget nan dimiliki lebih banyak. Bukan hanya lantaran lebih sigap dari segi waktu tempuh, namun Anda juga bisa datang kapan saja lantaran penyewaan speed boat tidak terikat waktu.

Biaya Wisata ke Pulau Pari

Harga tiket masuk Pulau Pari di Kepulauan Seribu ini sebenarnya gratis, dan Anda bisa datang kapan saja sesuai keinginan. Namun untuk menyeberang tentunya tidak dapat menggunakan kendaraan darat.

Satu-satunya pilihan nan kudu diambil ialah menggunakan transportasi laut. Jika mempunyai perahu tradisional, harganya sekitar 72.000 per orang. Anda bisa mengambil opsi dari Dishub nan jauh lebih murah, ialah naik kapal seharga 23.000 rupiah.

Saat ini banyak tersedia paket wisata, harganya mulai 350.000 untuk 2 hari 1 malam. Pulau ini dibuka setiap hari selama 24 jam penuh. Hanya saja beberapa transportasi menyesuaikan agenda keberangkatan, jadi silahkan disesuaikan waktu kunjungan nya.

Aktivitas nan Menarik Dilakukan

Aktivitas Pulau PariPhoto by 153yanti on Google Maps

Selain mengetahui daya tarik pulau cantik ini, krusial juga untuk menyimak apa saja nan menarik dilakukan di sini. Tentunya selama berkunjung, Anda tidak hanya berdiam diri bukan! Berikut adalah beberapa perihal seru nan dapat Anda lakukan!

Menikmati Pesona Pantai

Keindahannya luar biasa, jarang ditemukan di tengah kota Jakarta nan padat dan bising. Anda dapat menikmati indahnya pantai dengan pasir putihnya nan begitu lembut.

Airnya jernih, permukaannya tenang layaknya tidak ada ombak nan datang. Di sekitar pantai Pulau Pari ini terdapat rimba mangrove nan menambah kesan asri dan sejuk.

Menyelam Bersama Biota Laut di  Pantai Pulau Pari

Snorkeling di Pulau Pari menjadi aktivitas menarik selanjutnya nan dapat Anda lakukan. Bahkan sebagian besar visitor penasaran dengan hewan apa saja nan menjadi menghuni area ini.

Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pantai pada umumnya. Di sini terdapat biota laut seperti terumbu karang, kerang, ikan kecil, dan bintang laut.

Bersepeda Keliling Pulau

Tidak hanya aktivitas nan berasosiasi dengan pantai alias air saja. Memang untuk aktivitas nan dimaksud dapat dikatakan nan utama di Pulau Pari.

Namun sebagai selingan agar tidak terlalu monoton, silahkan berkeliling pulau. Tentu bukan dengan melangkah kaki, melainkan menggunakan sepeda nan dapat disewa pada pengelola.

Wisata Kuliner

Kurang komplit rasanya jika Anda belum menikmati sajian kuliner saat mengunjungi Pulau Pari Kepulauan Seribu ini. Apalagi makanan nan disediakan di sini begitu nikmat, terdiri dari masakan unik lokal dan luar negeri.

Sebagian besar didominasi seafood, lantaran kawasannya tidak jauh dari laut. Ikan pari, udang, kerang, dan lobster adalah beberapa makanan nan dimaksud.

Fasilitas nan Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pulau PariPhoto by Jhony Hansen on Google Maps

Dalam perihal fasilitas, area wisata Pulau Pari ini menyediakan sangat komplit dan memadai. Tersedia dermaga nan digunakan perahu untuk bersandar, jadi Anda tidak basah saat tiba di wisata.

Fasilitas lain ialah toilet, rumah makan, tempat ibadah, dan wahana permainan seru. Jika belum puas dalam satu hari, silahkan cari penginapan nan ada di sekitar.

Bagi penduduk Jakarta, keberadaan Pulau Pari seolah permata nan tersembunyi dibalik bebatuan nan kokoh.

Bagaimana tidak, di tengah keramaian dan padatnya kota, terdapat wisata bahari nan begitu mempesona. Apalagi selama berkunjung, tidak ada biaya tiket nan wajib dibayar, selain itu akomodasi nan disediakan pun lengkap.

Selengkapnya
Sumber Itrip
Itrip