Pantai Cacalan, Spot Terbaik Menikmati Pemandangan Sunrise Di Banyuwangi

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Nikmati keelokan sunrise di Pantai Cacalan, Banyuwangi, spot terbaik untuk menyaksikan mentari terbit dengan pemandangan nan memukau.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lingkungan Sukowidi, Klatak, Kec. Kalipuro, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

Banyuwangi merupakan salah satu kabupaten nan mempunyai banyak wisata alam nan sangat memukau. Banyak pantai di Banyuwangi nan sangat terkenal bakal pemandangan alam nan sangat memanjakan mata layaknya pantai di Bali nan eksotik. Salah satu pantai elok nan bisa Anda jelajahi adalah Pantai Cacalan, nan menawarkan beragam aktivitas liburan seru.

Pantai Cacalan merupakan salah satu lokasi wisata unggulan nan ada di Banyuwangi. Karena pantainya mempunyai pemandangan nan bagus dengan hamparan pasir hitam nan lembut dan warna lautnya nan biru. Selain itu, ombak pantai juga mini sehingga kondusif untuk bermain air. Ditambah lagi lokasinya nan cukup dekat dari pusat kota Banyuwangi, sehingga tidak heran pantai ini sering menjadi tujuan wisata family saat weekend.

Daya Tarik Wisata Pantai Cacalan

Daya Tarik Wisata Pantai Cacalan(Foto: Google Maps/Arthur Dayne)

Pantai Indah dan Ombaknya nan Tenang

Daya tarik pertama nan dimiliki Pantai Cacalan adalah mempunyai gulungan ombak nan tenang. Sehingga pantai nan ada di Banyuwangi ini sangat cocok untuk menikmati aktivitas bermain air dan ombak pantai. Selain itu, angin pantai nan sepoi-sepoi dan banyak ditumbuhi pepohonan nan rindang di pinggir pantai membikin suasana berekreasi disini menjadi lebih sejuk. Warna air laut nan berwarna biru dan bening di pantai ini juga bakal memanjangkan siapa saja nan melihatnya.

Ada Pabrik Kapal

Keunikan nan dimiliki di pantai nan ada di Banyuwangi ini adalah terdapat sebuah pabrik kapal alias perahu. Walaupun tidak bisa memandang secara langsung masuk ke pabrik kapalnya. Wisatawan saat berjamu kesini bisa memandang dari kejauhan proses pembuatan kapal.

Taman di Dekat Pantai

Di pantai berpasir eksotis nan ada di Banyuwangi ini mempunyai sebuah kebun alias taman. Taman ini bisa visitor gunakan sebagai tempat untuk berpiknik. Wisatawan bisa menggelar tikar dan berlindung untuk bisa berkumpul berbareng family alias teman-teman di taman ini.

Pelepasan Anak Penyu

Hal menarik lainnya nan bisa visitor temukan di Pantai Cacalan adalah memandang proses pelepasan anak penyu alias dikenal dengan nama Tukik. Pelepasan anak penyu ini rutin dilakukan di pantai ini, jika Anda beruntung maka bisa melihatnya. Proses pelepasan penyu ini pertama kali dilakukan pada tahun 2017 nan lampau dan sampai sekarang setiap tahun tetap rutin dilakukan.

Spot Hunting Foto

Selain hanya berpiknik menikmati keelokan pantai nan eksotis di Banyuwangi, visitor bisa mengabadikan foto liburan nan terbaik untuk dijadikan kenang-kenangan ataupun diupload ke media sosial. Ada beberapa spot foto menarik nan bisa visitor temukan di pantai ini seperti di tulisan Welcome to Cacalan Beach, saat menaiki perahu kano, di pantai berlatar belakang laut, di ayunan nan ada di pantai dan di spot menarik lainnya.

Alamat dan Rute Mudah Menuju Lokasi

Alamat Pantai Cacalan(Foto: Google Maps/Fikih Hidayat)

Untuk nan tertarik mengunjungi Pantai Cacalan nan ada di Jawa Timur, Kabupaten Banyuwangi ini bisa datang ke Kecamatan Kalipuro nan ada di Desa Sukowidi, Klatak. Rute letak pantai ini dari pusat kota Banyuwangi cukup dekat hanya sekitar 5 km dan perjalanan bisa ditempuh dalam waktu 15 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Rute letak untuk menuju ke area pantai dari pusat kota Banyuwangi arahkan perjalanan ke Pelabuhan Ketapang. Perjalanannya bakal melewati Pasar Lateng alias Pasar Kampung Arab, setelah itu melewati Supermarket Hardy dan ikuti terus jalan tersebut hingga sampai di Pertigaan Sukowidi.

Arahkan perjalanan lurus, sampai melewati Pom Bensin nan ada di kiri jalan dan Indomaret di kanan jalannya, putar kembali ke arah seberang nan ada gapura nan bertuliskan Pantai Cacalan. Arahkan perjalanan ke gang tersebut untuk sampai ke letak pantainya.

Tiket Masuk dan Jam Operasional

Anda nan mau berjamu ke pantai hits nan ada di Banyuwangi hanya perlu bayar tiket masuk sebesar Rp 5.000, tiket parkir motor Rp 2.000 dan tiket parkir mobil Rp 5.000. Jika naik perahu maka kudu bayar sewa perahu kano sebesar Rp 20.000.

Harga tiket masuk, tiket parkir ataupun sewa perahu bisa naik tergantung dari kebijakan pengelola wisata. Untuk jam operasional pantai di Desa Sukowidi buka dari jam 7 pagi hingga 10 malam.

Ragam Aktivitas nan Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Pantai Cacalan(Foto: Google Maps/Fuad Affan)

1. Piknik

Aktivitas menarik pertama nan bisa visitor lakukan di Pantai Cacalan adalah piknik. Wisatawan bisa piknik berbareng family alias teman-teman dengan menggelar tikar di bawah pohon nan rindang nan tumbuh di tepi pantai. Keberadaan pohon nan rindang di tepi pantai ini membikin suasana menjadi lebih asri dan sejuk. Adanya banyak pepohonan nan rimbun bakal membikin nuansa piknik di pantai berbareng family menjadi lebih nyaman.

2. Menyusuri Pantai dengan Perahu

Wisatawan juga bisa menikmati pantai ini dengan menyewa perahu alias kano untuk menyusuri lautan nan ada di sekitar pantai. Ombak nan ada di pantai ini juga tenang sehingga saat menyusuri laut menjadi lebih aman. Saat naik perahu dan kano jangan lewatkan untuk berfoto, lantaran foto saat menggunakan kano menjadi favorit bagi visitor nan berjamu di pantai ini. Tetapi untuk anak-anak sebaiknya tidak menaiki wahana ini lantaran sangat berbahaya.

3. Nongkrong dan Ngopi Santai

Untuk nan kegemaran nongkrong alias ngopi, Anda bisa mencoba untuk membeli kopi nan dijual di cafetaria nan ada di sekitar Pantai Cacalan. Sehingga Anda bisa ngopi santuy sembari menikmati pemandangan pantai nan menakjubkan. Ada banyak jenis kopi nan bisa dinikmati disini, sehingga pantai ini bisa dikatakan sebagai spot nongkrong santuy nan sempurna untuk bersantai berbareng teman-teman.

4. Memberi Makan Ikan

Di pantai ini terdapat sebuah kolam mini nan dihuni beberapa jenis ikan. Wisatawan bisa memberi makan ikan nan ada di kolam ini. Uniknya di kolam nan berada di dekat pantai ini bukan kolam air asin melainkan kolamnya adalah kolam air tawar.

5. Melihat Sunrise

Salah satu spot pantai terbaik untuk menikmati sunrise nan ada di Banyuwangi adalah di Pantai Cacalan. Pantai ini mempunyai pemandangan sunrise nan sangat menawan, sehingga tidak heran saat pagi hari pantai ini sudah ramai didatangi oleh wisatawan.

6. Menunggang Kuda

Aktivitas menarik lainnya nan tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi pantai ini adalah menyewa kuda. Wisatawan bisa menyewa kuda untuk berkeliling di sekitar pantai dan mendapatkan pengalaman berpiknik ke pantai nan unik. Saat menaiki kuda bisa didampingi ataupun menungganginya sendiri.

7. Berenang

Aktivitas seru dan menyenangkan lainnya nan bisa dilakukan di pantai elok di Banyuwangi ini adalah berenang. Wisatawan bisa berenang di pantai ini lantaran ombak lautnya terkenal tenang dan kecil. Sehingga saat berekreasi berbareng anak-anak, mereka bisa bermain air dengan lebih aman, tetapi orang tua kudu mengawasi anak-anak agar tidak bermain air terlalu ke tengah laut.

8. Bermain Ayunan Kayu dan Berwisata Kuliner

Aktivitas menarik lainnya nan bisa Anda lakukan di Pantai Cacalan adalah menggunakan ayunan kayu alias bersantai di gubuk kecil. Spot ayunan kayu nan berada di pantai ini, juga menjadi spot menarik untuk berfoto. Sehingga saat bermain ayunan kayu ini jangan lewatkan untuk berpotret dengan latar belakang pantai dan laut nan indah.

Sambil menikmati pemandangan pantai nan memukau, visitor juga bisa singgah di gubuk mini nan ada di pinggiran pantai untuk bersantai. Selain itu visitor juga bisa duduk santuy sembari menikmati jenis kuliner unik pantai nan dijual di area pantai ini. Kuliner nan bisa dinikmati di area pantai ini adalah olahan seafood.

Fasilitas nan Ditawarkan Pantai Cacalan

Fasilitas Pantai Cacalan Banyuwangi(Foto: X/Radio Elshinta)

Karena letak Pantai Cacalan nan tidak jauh dari pusat Kota Banyuwangi dan sering dijadikan sebagai spot wisata keluarga. Maka tidak heran jika akomodasi nan tersedia di pantai berpasir hitam nan eksotis ini sudah cukup lengkap.

Fasilitas tersebut seperti area parkir nan luas, ada banyak warung makan, ada bilik mandi alias toilet umum, tempat ibadah, payung untuk berteduh, dan ayunan kayu.

Untuk akomodasi lainnya nan bisa visitor gunakan di pantai ini ada penyewaan kuda dan ada penyewaan perahu nelayan, perahu karet dan kano. Adanya akomodasi nan komplit seperti ini, membikin aktivitas liburan nan dilakukan di Pantai Cacalan menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Selengkapnya
Sumber Libur.co
Libur.co