Gunung Putri, Wisata Alam Di Lembang Yang Sarat Legenda Sangkuriang

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Gunung Putri di Lembang adalah wisata alam nan sarat dengan legenda Sangkuriang, menawarkan pemandangan menakjubkan dan kisah sejarah nan menarik.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Gunung Putri No.184, Jayagiri, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

Liburan menyenangkan bisa dilakukan di mana saja, termasuk di Gunung Putri Lembang. Saat mengunjungi lokasi wisata alam nan indah ini, para visitor dapat menikmati pemandangan menakjubkan Bandung dari ketinggian.

Selain itu, mereka juga bisa berkemah di puncak gunung nan mempesona ini. Keunikan lain dari wisata alam ini adalah mitos nan berangkaian dengan Legenda Sangkuriang.

Banyak orang percaya bahwa gunung ini merupakan tempat persembunyian Dayang Sumbi ketika melarikan diri dari Sangkuriang pada masa lalu.

Mitos ini juga menyebut bahwa dari gunung inilah Sangkuriang menendang sebuah perahu nan kemudian menjadi Gunung Tangkuban Perahu.

Seperti gunung ini, Gunung Tangkuban Perahu juga selalu ramai dikunjungi wisatawan. Untuk lebih mengenal keajaiban alam di Lembang ini, simak info selengkapnya berikut ini!

Daya Tarik Wisata Gunung Putri

Daya Tarik Wisata Gunung Putri(Foto: Google Maps/Tham Kok Wan)

Di Indonesia sendiri memang ada dua tempat nan diberi nama Gunung Putri, dan kedua tempat tersebut ada di Bandung serta Bogor. Berikut beberapa daya tarik dari wisata alam pegunungan nan ada di Lembang ini:

Pemandangan Sunset dan Sunrise yang Indah

Tidak jauh berbeda dengan pemandangan sunset serta sunrise yang ada di pantai-pantai Bali, pemandangan sunset dan sunrise di sini juga patut dibanggakan.

Bahkan, Wisatawan dapat menikmati pemandangan bagus tersebut sembari ditemani dengan hembusan angin nan sejuk. Jadi, pemandangan itu bakal semakin terlihat bagus dan berkesan.

Pemandangan Lampu Kota Menakjubkan

Bukan hanya mempunyai daya tarik pada pemandangan sunset serta sunrise nan indah, tapi Gunung Putri ini juga mempunyai daya tarik pada pemandangan lampu kotanya nan mengagumkan.

Setelah sampai di puncak gunungnya, pemandangan bintang-bintang lampu kota Bandung dapat langsung terlihat jelas.

Hutan Pinus

Gunung Putri di Bandung juga mempunyai rimba pinus nan membikin para pengunjungnya bisa lebih merasa nyaman untuk berlama-lama di sini. Mengapa bisa begitu?

Karena keberadaan rimba pinus ini dapat membikin suasana di sekitarnya menjadi lebih sejuk dan spot foto nan bisa dimanfaatkan oleh para visitor pun bisa semakin banyak.

Alamat dan Rute Mudah Menuju Lokasi

Alamat Gunung(Foto: Instagram/Prstyorbyx)

Orang-orang tentu bakal mencari tahu alamat komplit dari suatu lokasi wisata terlebih dulu sebelum memutuskan untuk mengunjunginya. Hal ini mereka lakukan agar tidak tersesat ketika hendak ke sana.

Sementara Gunung Putri Lembang sendiri terletak di Jayagiri, Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat. Nantinya, perjalanan bisa dimulai dari arah pusat kota Bandung dan biasanya perjalanan ini bakal menyantap waktu kurang lebih 1 jam.

Namun, jika ada visitor nan sudah sampai di area Alun-Alun Lembang dan mau pergi ke gunung ini langsung, maka mereka hanya memerlukan waktu kurang lebih 11 menit.

Dari arah Alun-Alun Lembang, ikuti jalan hingga menuju ke Desa Jayagiri, lampau ambil jalan sesuai petunjuk nan tersedia di pinggir-pinggir jalan.

Karena jalanan di sini tergolong cukup menanjak, jadi para visitor dianjurkan untuk selalu berhati-hati pada saat mengendarai motor maupun mobilnya.

Tiket Masuk dan Jam Operasional

Sebelum mengetahui berapa nilai tiket masuk Gunung Putri di Lembang ini, Wisatawan kudu tahu bahwa biasanya petugas setempat bakal meminta visitor untuk menunjukkan kartu identitasnya.

Namun, terkadang petugas setempat juga tidak meminta perihal ini, tapi untuk jaga-jaga lebih baik menyiapkannya sebelum membeli tiket masuk tersebut. Wisata alam nan buka selama 24 jam ini menawarkan nilai tiket masuk nan cukup murah, ialah sebesar Rp10.000,-.

Namun, biaya ini tetap di luar biaya kemah bagi visitor nan mau melakukannya. Bagi para visitor nan mau berkemah di sini, mereka kudu bayar biaya tambahan nan sebesar Rp25.000,-.

Ragam Aktivitas nan Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Gunung Putri(Foto: Google Maps/Sahir Zehri)

Alasan terbesar kenapa tempat ini selalu ramai visitor adalah lantaran ada banyak aktivitas menyenangkan di sini nan tidak bakal membikin visitor merasa bosan. Bahkan, beberapa aktivitasnya pun tetap ramah anak.

Jadi, tidak ada salahnya untuk para orang tua membujuk anak-anaknya berpiknik kemari. Lalu, apa saja aktivitas nan dimaksud tersebut?

Berkemah di Gunung Putri

Aktivitas nan paling sering direkomendasikan oleh visitor wisata gunung ini adalah berkemah. Bahkan, tempat ini juga sering disebut dengan istilah Gunung Putri Camping, lantaran tempatnya cocok untuk dijadikan sebagai letak berkemah.

Dengan berkemah di sini, Wisatawan bisa merasakan suasana rimba nan sejuk dan udara nan dingin.

Berburu Spot Foto Menarik

Di beragam perspektif pegunungan ini terdapat beberapa spot foto menarik nan kudu dimanfaatkan dengan sebaik mungkin.

Jadi, meskipun visitor tidak menginap alias berkemah di area wisata Gunung Putri, mereka tetap bisa menikmati pemandangan indahnya untuk dijadikan sebagai spot foto nan bagus.

Bersantai di Kawasan Hutan Pinus

Keberadaan rimba pinus di wisata alam menakjubkan ini juga bisa dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai tempat bersantai nan tenang.

Aktivitas ini bakal semakin terasa menenangkan ketika dilakukan di pagi hari. Sebab, kabut tebal tetap terlihat jelas dan membikin suasananya semakin terasa dingin.

Fasilitas nan Ditawarkan Gunung Putri

Fasilitas Wisata Gunung Putri(Foto: Google Maps/R. B Arisandi)

Tidak perlu cemas bakal kesulitan mencari toilet ketika berkemah di sini, lantaran wisata alam ini sudah dilengkapi dengan toilet, mushola, warung makan, hingga tempat penyewaan perangkat kemah.

Dengan adanya akomodasi komplit seperti ini, visitor jadi tidak perlu cemas bakal kesulitan untuk memenuhi kebutuhannya selama liburan.

Banyaknya pilihan lokasi wisata di Bandung tidak membikin visitor menjadi jenuh untuk berjamu ke wilayah ini. Sebab, tetap ada beberapa lokasi wisata di wilayah ini nan belum diketahui oleh banyak orang, dan salah satunya adalah Gunung Putri.

Meskipun namanya belum sepopuler lokasi wisata Bandung lainnya, tapi wisata alam ini tetap wajib dikunjungi.

Selengkapnya
Sumber Libur.co
Libur.co