Gunung Cikuray, Gunung Stratovolcano Di Garut Yang Tertulis Dalam Naskah Kuno

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Gunung Cikuray di Garut merupakan gunung stratovolcano nan tercatat dalam naskah kuno, menawarkan keelokan alam dan jejak sejarah nan menarik bagi para wisatawan.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dangiang, Kec. Cilawu, Kab. Garut, Jawa Barat.

Hanya dengan memandang dari gambarnya saja mungkin orang-orang sudah merasa tertarik untuk menghabiskan waktu liburannya di Gunung Cikuray.

Namun, kemauan ini pasti bakal semakin meningkat ketika Wisatawan sudah pernah kemari paling tidak sekali. Sebab, keelokan alam nan ada di sini tidak kalah dengan keelokan alam nan ada di wisata pegunungan lainnya.

Mulai dari pemandangan sawah nan sejuk, perbukitan nan indah, hingga keelokan sunset serta sunrise yang tidak boleh dilewatkan adalah beberapa daya tarik dari wisata alam ini.

Selain itu, tetap ada beberapa daya tarik lainnya nan tentu bakal membikin jumlah pengunjungnya terus bertambah seiring berjalannya waktu.

Sebelum berjamu ke wisata menakjubkan di Garut ini, pastikan untuk mencari tahu info mengenai nilai tiket masuk, rute menuju lokasinya, dan akomodasi nan tersedia di dalamnya.

Pasalnya, lokasi wisata nan tidak dilengkapi dengan akomodasi memadai bakal membikin kita merasa tidak nyaman. Jadi, simak terlebih dulu informasinya di bawah ini!

Daya Tarik Wisata Gunung Cikuray

Daya Tarik Wisata Gunung Cikuray(Foto: X/Pariwisata & Ekonomi Kreatif)

Tidak jauh berbeda dengan wisata gunung lainnya nan ada di Garut, gunung bagus ini termasuk jenis gunung stratovolcano nan tidak mempunyai kawah aktif.

Dengan begitu, para visitor dapat berkemah di area gunung ini secara lebih aman. Hemat waktu, sekarang kami bakal membagikan beberapa daya tarik nan dimilikinya:

1. Tertulis di Naskah Kuno

Cerita keelokan Gunung Cikuray di Garut ini selalu menjadi topik pembicaraan menarik bagi sebagian orang. Tidak hanya itu, rupanya nama gunung ini juga tertulis di dalam naskah kuno.

Bukti-bukti tertulis mengenai naskah antik ini tetap tersimpan di dalam cagar budaya Ciburuy, sehingga visitor bisa melihatnya sendiri.

2. Jalur Pendakian nan Beragam

Daya tarik selanjutnya dari wisata alam ini adalah di sini terdapat 4 jalur pendakian nan bisa dipilih oleh setiap pengunjung.

Jika jalur nan pertama adalah melalui desa Dangiang, sedangkan jalur kedua melewati desa Bayongbong. Sementara jalur ketiga bakal melewati desa Cikajang dan nan keempat bakal melewati desa Dayeuhmanggung.

3. Panorama Alam Menakjubkan

Cuaca Gunung Cikuray Garut sangatlah sejuk, lantaran di sekeliling gunung ini terdapat gunung-gunung lainnya nan membikin suasananya menjadi lebih asri.

Bahkan, saat pendaki sudah sampai di bagian puncaknya, mereka bisa memandang langsung keelokan pemandangan gunung lainnya dari atas sana.

Alamat dan Rute Mudah Menuju Lokasi

Alamat Gunung Cikuray(Foto: Google Maps/Anton Abdullah)

Banyak wisatawan, terutama dari Jakarta, nan datang untuk menikmati keelokan Gunung Cikuray, nan terletak di perbatasan Bayongbong. Biasanya, para visitor dari luar kota memilih melintasi jalur Cigedug untuk mencapai letak gunung nan memukau di Jawa Barat ini.

Bagi para visitor nan menggunakan transportasi umum alias bus umum dari arah Jakarta, mereka bisa memulai perjalanannya dari Terminal Lebak Bulus.

Nantinya, di sana bakal ada pikulan umum nan menuju ke Garut. Sesampainya di Garut, ojek adalah transportasi paling tepat untuk mengantar sampai ke tempat tujuan.

Namun, jika perjalanan dimulai dari arah Tasikmalaya, maka naik bus nan menuju ke Singaparna, kemudian lanjutkan dengan naik bus bidang Singaparna ke Garut.

Sama seperti sebelumnya, sesampainya di Garut Wisatawan bisa naik ojek untuk menjangkau gunung menawan ini.

Tiket Masuk dan Jam Operasional

Harga tiket masuk dari sebuah lokasi wisata memang menjadi salah satu info nan bakal dibutuhkan oleh banyak wisatawan.

Sebab, terkadang ada beberapa orang nan lebih suka berjamu ke lokasi wisata nan nilai tiket masuknya tidak terlalu mahal. Dalam perihal ini, nilai tiket masuk nan ditawarkan di Gunung Cikuray Garut ini adalah sebesar Rp20.000,-.

Hanya dengan mengeluarkan biaya nan tidak terlalu mahal tersebut, semua orang sudah bisa menikmati pemandangan alam nan tidak kalah bagus dari pemandangan alam di Bali dan Lombok.

Jadi, tidak heran jika sampai sekarang tetap ada banyak orang nan tertarik untuk menghabiskan waktu liburan di sini.

Ragam Aktivitas nan Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Gunung Cikuray(Foto: Google Maps/Gunadi Kesumo)

Semakin banyak aktivitas menyenangkan nan bisa dilakukan di sebuah tempat wisata, maka semakin besar kemungkinannya untuk selalu ramai pengunjung.

Dengan memandang gunung indah ini nan selalu ramai pengunjung, orang-orang pasti sudah bisa menilai bahwa ada banyak aktivitas menyenangkan nan bisa dilakukan di sini, dan beberapa di antaranya adalah:

Berkemah di Gunung Cikuray

Rasanya ada nan kurang jika datang ke Gunung Cikuray tanpa melakukan aktivitas ini. Sebab, area perkemahan nan tersedia di sini sudah sangat mendukung dan pemandangannya pun tidak boleh dilewatkan begitu saja. Maka dari itu, mulailah merencanakan diri untuk berkemah di sini.

Mendaki Gunung

Untuk menjangkau puncak Gunung Cikuray tentu semua visitor kudu mendaki terlebih dahulu. Namun, tidak perlu cemas aktivitas ini bakal sangat melelahkan, lantaran seperti nan sudah kami katakan sebelumnya, di sini terdapat 4 jalur pendakian nan mempunyai tantangan masing-masing.

Menikmati Indahnya Pemandangan dari Ketinggian

Bagi orang-orang nan tidak suka melakukan aktivitas melelahkan dan menegangkan, mereka bisa mencoba aktivitas ini.

Biasanya, orang-orang bakal duduk di salah satu bebatuan sembari memandang pemandangan bagus nan ada di depannya. Pemandangan bagus di sini dipercaya bisa menenangkan pikiran sejenak dari beragam kesibukan.

Fasilitas nan Ditawarkan Gunung Cikuray

Fasilitas Gunung Cikuray(Foto: Google Maps/Manuel Kristo)

Banyaknya aktivitas nan bisa dilakukan di sini dapat membuktikan bahwa wisata gunung ini sudah dilengkapi dengan beragam akomodasi nan memadai.

Beberapa akomodasi nan tersedia di sini adalah toilet, mushola, area parkir nan luas, pos pendakian, dan tetap ada banyak lagi akomodasi lainnya.

Kawasan wisata Gunung Cikuray mudah diakses, sehingga tidak ada argumen bagi seseorang untuk tidak berjamu ke sini. Selain itu, nilai tiket masuk ke lokasi wisata alam ini juga terjangkau, membuatnya sempurna untuk segera dijadikan tujuan liburan Anda.

Selengkapnya
Sumber Libur.co
Libur.co