Air Terjun Lubuk Hitam, Air Terjun Dengan Tiga Tingkatan Yang Memukau Di Padang

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Air Terjun Lubuk Hitam di Padang, air terjun dengan tiga tingkatan nan memukau, menawarkan suasana alam pegunungan nan menenangkan

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 09.00–17.00 WIB, Alamat: Kabung Utara, Kec. Bungus Teluk. Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat; Map: Cek Lokasi

Air Terjun Lubuk Hitam merupakan wisata alam berupa air nan mengalir dari ketinggian nan terdapat di Kota Padang, Sumatera Barat. Wisatawan nan berjamu ke letak wisata ini dapat menyaksikan tiga tingkatan air terjun sekaligus dalam satu lokasi.

Untuk mencapai air terjun pertama dan kedua, aksesnya cukup mudah dilalui. Masing-masing mempunyai ketinggian nan wajar ialah 2 meter dan 10 meter.

Bisa dijangkau dalam waktu 10 menit dari area parkir. Namun, untuk menuju air terjun nan ketiga diperlukan tenaga nan ekstra. Medan dengan kemiringan 45 derajat kudu Anda lalui.

Meskipun demikian, kepopuleran Air Terjun Lubuk Hitam sudah terngiang di para visitor baik lokal maupun para visitor nan datang dari luar daerah. Oleh lantaran itu, tak heran jika wisata air terjun nan elok ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Khususnya di musim libur ataupun weekend.

Daya Tarik nan Dimiliki Air Terjun Lubuk Hitam

Daya Tarik Dimiliki Air Terjun Lubuk HitamPhoto by Abu Salma on Google Maps

1. Kondisi Airnya Bersih

Aliran air terjun ini berasal dari sumber mata air alami pegunungan nan belum tercemar oleh aktivitas manusia. Kondisi airnya bening dengan sensasi air nan cukup dingin.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Wisatawan bisa menikmatinya dengan langkah membasuh muka, mencelupkan kaki, maupun berenang di kolam pemandian nan tersedia.

2. Memiliki Tiga Tingkatan

Keunikan nan dimiliki Air Terjun Lubuk Hitam ialah terdapat tiga tingkatan air terjun. Hal ini nan membikin debit tumpahan air terjun tidak begitu deras. Pemandangan eksotis ini menjadi daya tarik visitor untuk menyaksikannya secara langsung.

Untuk mencapai tingkatan ketiga diperlukan bentuk dan tenaga nan lebih ekstra. Lama perjalanan dari tingkatan kedua kurang lebih 40 menit. Medannya cukup terjal dan licin. Sehingga kudu tetap berhati-hati.

3. Udara Terasa Segar Balutan Pepohonan nan Hijau

Jika Anda berjamu di pagi hari, tentu udaranya bakal terasa lebih segar. Apalagi jika suasananya lenyap turun hujan. Udaranya bakal terasa lebih sejuk. Daun-daun tetap basah terkena butiran-butiran air hujan.

Selain udara nan segar, visitor juga bisa menikmati pepohonan nan rindang. Pohon-pohon ini menjadi penghalang teriknya mentari di siang hari. Sinarnya tidak langsung masuk ke tengah rimba melainkan hanya melalui celah-celah daun pepohonan nan rimbun. Sehingga suasana kesejukannya tetap dapat dirasakan.

4. Suasana Alam Pegunungan

Selama perjalanan hingga sampai ke letak Air Terjun Lubuk Hitam, visitor dapat merasakan kesegaran suasana alam unik pegunungan. Mulai dari udaranya nan segar, suasana nan sejuk dan lumayan dingin, hingga pemandangan alam nan penuh dengan pepohonan hijau.

Bahkan bunyi unik gemericik aliran air bisa membikin pikiran kembali fresh. Jika sehari-hari disibukkan oleh banyaknya aktivitas pekerjaan, maka saat berpiknik di air terjun ini menjadi momen nan menyegarkan. Penatnya pekerjaan seolah lenyap begitu saja lantaran pesona pemandangan serta alam nan menenangkan jiwa.

5. Banyak Tanaman Langka

Lokasi air terjun ini berada di area rimba hujan tropis. Oleh karena itu, terdapat banyak pepohonan maupun tanaman langka nan tumbuh di sekitar Air Terjun Lubuk Hitam.

Anda bisa melihatnya mulai dari sepanjang perjalanan hingga sampai di letak air terjun. Selain itu, juga tetap terdapat beberapa satwa liar nan ada di area air terjun.

6. Spot Foto nan Keren

Selain dimanjakan oleh pamandangan alam nan begitu indah, visitor juga dapat menjumpai beberapa spot foto nan keren.

Seperti pemandangan aliran air terjun nan bersih dihiasi dengan tanaman-tanaman hijau unik hutan. Anda dapat bergaya di spot-spot keren untuk mendapatkan hasil gambar nan berkualitas.

Oleh lantaran itu, sebelum berjamu ke wisata nan penuh keelokan ini, disarankan untuk mempersiapkan kamera terbaik. Karena sesampainya di lokasi, Anda bakal dibuat terpana oleh keelokan alamnya. Hal ini menjadikan mau berpotret dan mengabadikan setiap momen nan mengesankan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Air Terjun Lubuk HitamPhoto by Air_Terjunlubukhitam on Instagram

Destinasi nan berlokasi di Padang tepatnya di Teluk Kabung Utara, Bungus Teluk Kabung ini tetap cukup mudah untuk diakses. Dari Kota Padang bisa ditempuh dalam waktu 1 jam menggunakan transportasi darat baik motor maupun mobil. Lokasinya tidaklah jauh dari pusat kota Padang, hanya sekitar 25 km.

Wisatawan tidak bakal menjumpai papan petunjuk unik untuk menuju ke letak Air Terjun Lubuk Hitam. Sehingga dibutuhkan kejelian memandang arah jalan menggunakan google maps alias bertanya ke penduduk sekitar. Sebagai gambaran, Anda bakal melalui jalan mini nan terletak di jalan Painan-Padang.

Sepanjang perjalanan bakal melalui wilayah perkampungan dengan jalan selebar 2 meter. Setelah sampai ke area parkir, visitor kudu melanjutkan perjalanan dengan melangkah kaki melewati jalur pendakian nan naik turun.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Harga tiket masuk untuk menikmati wisata alam nan bagus ini, visitor bakal dikenakan tarif Rp 5.000 per orang. Dengan tarif tiket nan tergolong murah tersebut, visitor sudah bisa menikmati keelokan 3 air terjun sekaligus. Meskipun medannya berbeda-beda.

Adapun untuk tarif parkir kendaraan ialah Rp 5.000 untuk kendaraan bermotor. Sedangkan untuk kendaraan roda empat alias mobil dikenakan biaya parkir Rp 10.000 per kendaraan.

Jam operasional untuk berjamu ke Air Terjun Lubuk Hitam dibuka mulai pukul 09.00 sampai 18.00 WIB. Namun, untuk hari kerja antara Senin sampai Kamis ada jam unik ialah hanya dibuka mulai pukul 14.00 sampai 18.00.

Untuk hari Jumat, wisata air terjun ini tidak ada jam untuk berkunjung. Dengan kata lain tutup. Oleh lantaran itu, jika mau berjamu ke wisata nan menawan ini agar memperhatikan hari operasional terlebih dahulu. Dan untuk tidak berjamu di hari Jumat lantaran tutup.

Aktivitas nan Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik di Air Terjun Lubuk HitamPhoto by Abu Salma on Google Maps

Melompat dari Ketinggian

Aktivitas nan satu ini memang cukup ekstrem. Hanya dilakukan oleh visitor nan mempunyai keberanian serta adrenalin nan tinggi.

Anda bisa melompat dari ketinggian kemudian menceburkan diri ke kolam aliran tumpahan air terjun. Sensasi nan mendebarkan bakal terbayar lunas ketika tercebur di air nan dingin dan bersih.

Berenang

Di sekitar letak wisata air terjun ini terdapat sebuah kolam renang dengan kondisi air nan bersih dan jernih. Air di kolam ini berasal dari sumber Air Terjun Lubuk Hitam.

Pihak pengelola sengaja mengadakan akomodasi kolam nan bersih ini sebagai pengganti jika visitor tidak bisa menempuh perjalanan hingga ke titik air terjun.

Meskipun demikian, visitor dapat mengobati rasa kekecewaannya dengan tetap bermain air di kolam pemandian. Dimana airnya juga berasal dari aliran air terjun nan dituju.

Trekking di Air Terjun Lubuk Hitam

Sebelum menikmati keelokan air terjun, visitor tentu bakal menikmati suasana trekking nan cukup panjang. Pemandangan selama perjalanan juga sangat mempesona. Deretan pepohonan nan hijau subur serta kicauan burung-burung turut menemani perjalanan Anda menuju letak air terjun.

Bagi pecinta hiking, perihal ini menjadi momen nan sangat digemari. Meskipun terasa sedikit capek dan menguras tenaga, tetapi suasana trekking tetaplah aktivitas nan menyenangkan.

Piknik

Berkunjung ke Air Terjun Lubuk Hitam nan mempunyai tiga tingkatan air ini juga bisa untuk berpiknik. Sesampainya di lokasi, Anda berbareng rombongan bisa beristirahat dan menikmati bekal nan dibawanya. Tentu dengan bebatan nuansa alam nan asri menjadikan momen kebersamaan ini terasa lebih mengesankan.

Santai Menikmati Pemandangan Alam

Pemandangan di sekitar air terjun ini sangat asri lantaran banyaknya pepohonan hijau nan tumbuh di sekeliling air terjun.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati pemandangan burung-burung unik rimba nan berterbangan kian kemari. Suara kicauannya nan merdu membikin jiwa terasa lebih damai.

Suara air terjun nan berirama diiringi dengan hewan unik rimba seperti jangkrik seolah menjadi langkah untuk rileksasi secara alami. Pikiran kembali fresh dan hati merasa lebih nyaman.

Berfoto

Kegiatan berpotret menjadi perihal nan tidak boleh terlewatkan. Wisatawan bisa mengambil gambar di spot nan instagramable. Salah satunya dengan background air terjun nan bersih dan keren.

Selain itu, ada juga beberapa perspektif di sekitar Air Terjun Lubuk Hitam nan landscapenya tak kalah menarik. Seperti duduk di bebatuan pinggir air terjun dengan background alam nan hijau.

Fasilitas nan Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Air Terjun Lubuk HitamPhoto by Tomy Nakiwa on Google Maps

1. Lokasi Parkir

Area parkir nan tersedia di wisata Air Terjun Lubuk Hitam cukup luas sehingga visitor dapat memarkir kendaraannya dengan nyaman.

2. Mushola

Bagi visitor nan berakidah Islam dapat menggunakan akomodasi ini untuk melakukan ibadah sholat.

3. Warung Makan

Aneka kuliner tersedia di warung-warung sekitar air terjun. Mulai dari cemilan, makanan alias minuman kemasan, serta beberapa menu unik Padang.

4. Toilet

Ada beberapa toilet di kaki bukit nan bisa digunakan visitor untuk keperluan MCK.

5. Kolam

Adanya kolam pemandian di wisata air terjun merupakan pengganti bagi visitor nan tidak bisa ke letak air terjun.

Itulah sekilas ulasan tentang Air Terjun Lubuk Hitam di Kota Padang. Jika Anda mempunyai waktu senggang untuk berlibur, jangan lupa untuk mengunjungi wisata alam nan sedang hits ini ya. Ajak family agar suasana lebih liburan lebih berkesan.

Selengkapnya
Sumber Itrip
Itrip